PROFIL DESA CIBODAS

Kondisi Geologis dan Geografis

  • Letak dan luas wilayah :

Desa Cibodas terletak di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Luas wilayah desa ini sekitar 1.273,44 Ha, berada pada ketinggian 1260 M di atas permukaan laut. curah hujan 177,5 mm/tahun dengan suhu rata-rata 19 s/d 22°C

Batas –batas wilayah Desa Cibodas adalah:

Sebelah Utara : Desa Wangunharja
Sebelah Selatan : Desa Cimenyan
Sebelah Timur : Desa Suntenjaya
Sebelah Barat : Desa Langensari

  • Topografi dan keadaan tanahnya :

Desa Cibodas, terletak di wilayah yang berbukit-bukit. Secara umum, kondisi tanah desa subur. Penduduk Desa Cibodas sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Lahan pertanian di wilayah desa ini seluas 433,72 ha/m². Sedangkan lahan perkebunan seluas 351 ha/m². Luas lahan yang digunakan sebagai perkantoran sebanyak 0.3 ha/m². Sisa lahan lainnya adalah dipakai sebagai pemukiman seluas 111.5 ha/m², hutan konservasi seluas 32 ha/m², dan prasarana umum lain seluas 0.92 ha/m².

Perhubungan : Jarak dari Desa Cibodas ke ibukota kecamatan adalah 8 Km. Waktu tempuh ke ibukota kecamatan dengan menggunakan kendaraan bermotor adalah 0.5 jam. Kendaraan umum yang tersedia untuk ke ibukota kecamatan ada 29 unit. Selain itu ada juga transportasi berupa ojek sebanyak 6 unit pangkalan ojek.

Tata Pemerintahan

Desa Cibodas terbagi atas 3 wilayah dusun, 17 wilayah Rukun Warga (RW), dan 66 wilayah Rukun Tetangga (RT) dengan jumlah Kepala Keluarga sebesar 2959 KK.
Dusun 1 terdiri dari 6 RW, yaitu RW 01, RW 16 (pemekaran RW 01), RW 02, RW 03, RW 14 (pemekaran RW 03), dan RW 04.
Dusun 2 terdiri dari 5 RW, yaitu RW 05, RW 06, RW 07, RW 08, RW 17 (pemekaran dari RW 06)
Dusun 3 yang terdiri dari 6 RW, yaitu RW 09, RW 10, RW 11, RW 13, RW 15

  • Demografi lokasi :

Jumlah penduduk Desa Cibodas terdiri dari 4927 orang laki-laki, 4971 Perempuan. Dengan jumlah kepala keluarga 2981 KK. Kepadatan penduduk 0.13 per Km. Mata pencaharian penduduk Desa sebagian besar buruh tani, yaitu sebanyak 892 buruh tani laki-laki dan 528 buruh tani perempuan. Petani di Desa Cibodas sebanyak 699 petani laki-laki, dan 35 petani perempuan. Peternak di desa ini sebanyak 328 orang laki-laki dan 27 orang perempuan. Sedangkan untuk penduduk yang melakukan usaha wiraswasta sebanyak 516 orang laki-laki dan 127 perempuan. Terdapat 41 orang laki-laki pedagang keliling, dan 16 orang pedagang keliling perempuan. Pegawai negeri sipil di desa Cibodas sebanyak 30 orang laki-laki dan 26 orang perempuan. Karyawan perusahaan swasta di desa ini sebanyak 39 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Pengusaha kecil dan menengah di desa Cibodas sebanyak 24 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Pembantu rumah tangga di desa Cibodas sebanyak 2 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Pengrajin industri rumah tangga di desa ini 9 orang lai-laki dan 1 orang perempuan. Terdapat 8 orang montir laki-laki, 3 orang anggota TNI laki-laki, 2 orang laki-laki seniman/ artis, dan 2 orang perempuan dukun kampung terlatih. Terdapat 1 orang anggota Polri dan 1 orang laki-laki arsitek, 1 orang laki-laki dan 2 orang perempuan karyawan perusahaan pemerintah. Jumlah total penduduk yang bekerja 9842 orang.

Potensi lokasi, seperti tingkat ekonomi dan sumber daya manusia    Mata pencaharian utama dari Desa Cibodas adalah dari sektor pertanian. Khususnya yang sangat potensial adalah tanaman pangan dan perkebunan. Selain itu, potensi kehutanan dari desa ini cukup potensial. Sektor lain yang juga sangat potensial untuk dikembangkan adalah peternakan. Sektor yang kurang potensial untuk dikembangkan di Desa Cibodas adalah perikanan, pertambangan, industri, persawahan, dan komoditi buah-buahan.

Kendala umum yang sering dihadapi dalam mengembangkan potensi desa adalah pada pemasaran dan kurangnya lahan. Selain itu ada pula kendala lain seperti modal, dan perlu adanya pengembangan kemitraan.

Potensi sumber daya manusia di Desa Cibodas terbilang tinggi. Hal ini berhubungan dengan mata pencaharian penduduk yang memang dari sektor pertanian.
Pendapatan perkapita dari penduduk Desa Cibodas yang bekerja di sektor pertanian adalah Rp 6.420.000/ tahun. Sedangkan dari sektor peternakan adalah Rp 9.600.000/tahun. Dari sektor jasa dan perdagangan adalah Rp 9.850.000/tahun. Total pendapatan rill keluarga di Desa Cibodas adalah Rp 12. 967.500/tahun.

  • Kesehatan lingkungan :

Sarana dan prasarana kesehatan merupakan suatu hal yang penting dalam lingkungan masyarakat. Di Desa Cibodas terdapat 17 unit posyandu masing-masing 1 ditiap RW. Jumlah kader posyandu aktif sebanyak 85 orang ditambah 2 orang Pembina posyandu. Selain itu juga terdapat 1 unit puskesmas, 1 unit toko obat, dan 1 unit poliklinik.

Desa Cibodas memiliki 1 orang dokter gigi, 9 orang paramedis, 1 orang dukun bersalin terlatih, 6 orang bidan, dan 3 orang perawat.
Kesehatan lingkungan juga berhubungan dengan prilaku hidup sehat dari masyarakat. Jumlah keluarga di Desa Cibodas yang memliki WC yang sehat sebanyak 2835 keluarga. Sedangkan jumlah keluarga yang memiliki WC yang kurang memenuhi standar kesehatan sebanyak 146 keluarga. Dalam pemenuhan kebutuhan air bersih, masyarakat Desa Cibodas lebih memilih berlangganan PAM/ BPABS. Jumlah keluarga yang berlangganan sebanyak 2981 keluarga.

Secara umum, pemenuhan gizi balita di Desa Cibodas sudah baik. Jumlah balita bergizi baik sebanyak 945 balita dari total jumlah keseluruhan 949 balita. Adapun balita yang mengalami gizi kurang sebanyak 80 balita. Sedangkan yang mengalami gizi buruk sebanyak 4 balita. Dan 20 balita bergizi lebih.

Keadaan sosiologi dan kebudayaan di lokasi (termasuk kependidikan dan kesehatan)    Mayoritas penduduk Cibodas merupakan tamatan sekolah dasar. Jumlah penduduk tamatan SD/sederajat sebanyak 4.768 orang, tamatan SMP/sederajat sebanyak 895 orang, tamatan SMA/sederajat 611 orang, tamatan D1/sederajat 28 orang, tamatan D2/sederajat 14 orang, tamatan D3/sederajat 15 orang, tamatan S1/sederajat sebanyak 65 orang, serta tamatan S2 sebanyak 1 orang.

Penduduk desa Cibodas yang tidak tamat SD sebanyak 68 orang, tidak tamat SMP sebanyak 25 orang, tidak tamat SMA sebanyak 5 orang. Sedangkan jumlah penduduk yang tidak pernah sekolah sebanyak 51 orang.

Infrastruktur pendidikan di Desa Cibodas adalah 2 unit TK dengan jumlah tenaga pengajar sebanyak 4 orang, 5 unit SD dengan tenaga pengajar sebanyak 56 orang, 1 unit SMP dengan tenaga pengajar sebanyak 34 orang, serta 1 lembaga pendidikan agama ddengan tenaga pengajar sebanyak 8 orang dan 1 unit perpustakaan desa.  Sedangkan untuk sarana keseniannya, di desa ini juga terdapat kesenian Rock Dangdut, Kacapi Kawih, Pencak Silat, Degung, dan Qosidah.
Kehidupan beragama    Mayoritas penduduk Desa Cibodas beragama islam, yaitu sebanyak 4916 orang laki-laki dan 4858 perempuan. Agama lain yang dipeluk oleh penduduk desa, yaitu Kristen sebanyak 9 orang laki-laki dan 8 orang perempuan, Katholik sebanyak 2 orang laki-laki dan 1 orang perempuan, serta Budha sebanyak 4 orang perempuan. Kehidupan antar umat beragama di desa ini berjalan dengan harmonis. Prasarana peribadatan di Desa Cibodas berupa masjid sebanyak 23 unit dan mushola sebanyak 6 unit.

  • Industri rumah tangga :

Jumlah pengrajin industri rumah tangga sebanyak 10 orang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.Tema: Esquire oleh Matthew Buchanan.

%d blogger menyukai ini: